Ara's Random

Tempat segala macam unek-unek penulis tentang kehidupannya yang mengandung banyak masalah dan problema. Tempat share yang pastinya mampu melegakan sedikit kegundahan yang ada (jah, lebae). Dengan tampilan khas hitam-merah dan nuansa "neon light" *?* mungkin tampak seperti blog yang kurang menjajikan, tapi hey... itulah keunikan Ara's Random.
Randomly... We can share everything.

Sabtu, September 19, 2009

Me & Fanfiction

Sebagai author di FanFiction.net (FFN) saya dituntut untuk kreatif. Bukan hanya kreatif, saya juga harus pintar-pintar menggunakan bahasa agar tidak kalah dengan author lain yang --menurut saya sebagian besar orang kuliahan. Tau sendirilah bahasa orang kuliahan itu seberat apa. Untungnya saya menemukan sebuah buku yang berjudul "Kiat Menulis Cerpen" karangan salah satu penulis cerpen profesional.
Saya yang ilmunya masih sedikit ini sedikitnya ingin mendiskusikan sedikit tentang fanfiction. Bagi readers yang belum tau, fanfiction itu... bagaimana, ya. Semacam karangan atau cerita yang dikarang oleh suatu fans terhadap yang difanskannya. Kalau masih gak ngerti begini deh. Contohnya saya yang ngefans sama anime/manga Naruto. Semua orang (mungkin) pasti tau Naruto sudah ada yang 'punya', sudah dipatenkan oleh pengarangnya. Nah, fanfic itu semacam ini: cerita Naruto yang saya karang sendiri.
Jadi tokoh-tokoh dalam fanfic itu ya tokoh-tokoh dari karya yang kita 'tiru' tadi. Seting waktu dan tempat boleh jadi sama, tergantung keinginan dari author (pengarang) fic tadi. Atau fanfic bisa dicampurkan dengan unsur-unsur intrinsik dari author fic itu sendiri, misal tokoh, watak, alur, dll. Dalam fanfiction pun terdapat istilah tersendiri untuk hal-hal seperti ini. Contohnya untuk perbedaan dalam seting dinamakan AU (Alternative Universal). Saya ambil contoh untuk fic Naruto. Sai memulai debutnya di seri Shippuuden, tapi author menjadikannya muncul saat Naruto dkk. masih baru lulus akademi. Jika yang berubah itu watak karakter, maka hal ini disebut OOC (Out of Character). Contoh, Sasuke yang watak aslinya cool dan pendiam dibuat ramai dan blak-blakan. Penambahan karakter sendiri oleh sang author disebut OC (Original Character). Contohnya, dalam manga Naruto tidak ada karakter yang bernama Ara Shinju, tapi author menjadikannya ada dalam ficnya (contoh ini menunjukkan si author (baca: saya) maunya numpang tenar... XD). Dan masih banyak lagi istilah-istilah yang ada di dalam dunia per-fanfic-an. Saya author yang masih baru, jadi jika ingin bertanya silakan tanya ke author yang sudah lama berkecimpung. Atau kunjungi:

Jika readers ingin baca fic aneh dari saya,klik di sini

Sekian, mungkin itu yang dapat saya tulis di hari yang panas ini ^^.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Minal Aidin Wal Faizin
Mohon Maaf Lahir Batin...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar